4 Cara Menghindari Kegemukan Pada Anak

Anak gendut artinya sehat? Tunggu dulu. Anak yang sangat gendut alias obesitas malah rentan terjangkit penyakit, loh. Untuk menghindari kegemukan pada anak, terdapat beberapa cara simpel yang dapat Ibu dan juga Ayah lakukan.

Seorang anak dibilang obesitas apabila berat badannya jauh melampaui berat tubuh normal sesuai umurnya. Ini dapat terjadi apabila kalori yang dimakan amat banyak ataupun kalori yang dibakar amat sedikit.

Kondisi-masalah yang biasa menimbulkan kegemukan pada anak ialah kurang aktif bergerak akibat selalu bermain gadget serta kelaziman mengkonsumsi makanan tinggi kalori yang miskin akan nutrisi (junk food) ataupun minuman manis. Tak Hanya itu, obesitas pada anak pun dapat diakibatkan oleh aspek keturunan.

Cara Mencegah Kegemukan Pada Anak

Beberapa cara yang dapat Bunda serta Ayah lakukan untuk mencegah Anak mengalami kegemukan yaitu:

1. Ajak Berolahraga

Menurut studi, teratur mengajak anak olahraga semasa 150 menit per minggu ataupun kurang lebih 20 menit per hari benar berguna untuk mencegah obesitas. Kondisi ini sebab olah raga dapat membakar kalori dan juga lemak dalam tubuh.

Tidak Cuma olahraga, Ibu dan Ayah pula dapat mengajak Anak bermain di kebun ataupun berjalan kaki di sekeliling rumah, minimum 1 jam per hari.

2. Berikan Makanan Bergizi

Berikan Anak makanan bergizi yang banyak akan serat, protein, dan juga sedikit kalori, semacam buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak ataupun low fat, ikan, daging, dan juga makanan yang dihasilkan dari gandum.

Hindari memberikan Anak makanan gorengan ataupun makanan siap saji yang memuat banyak kalori. Batasi pula makan makanan manis, makanan bungkusan dengan muatan garam (sodium/natrium) yang tinggi, dan minuman yang banyak berisi gula, termasuk jus kemasan.

3. Pastikan Cukup Beristirahat

Menurut riset, anak yang kurang tidur lebih beresiko untuk mengalami kegemukan. Oleh sebab itu, Ibu dan juga Ayah harus memastikan Anak memperoleh waktu istirahat yang cukup.

Anak berumur 3-5 tahun membutuhkan durasi tidur sebesar 11-13 jam, sementara itu durasi tidur untuk anak berumur 6-13 tahun ialah 9-11 jam.

Apabila Anak sulit dibawa tidur, cobalah untuk mengerjakan sesuatu ritual sebelum tidur, semacam membacakannya kisah, meredupkan lampu kamar, kemudian menyanyikannya lagu pengantar tidur.

4. Jangan Taruh Gadget di Kamar

Tak Hanya menganggu kenyamanan tidur Anak, menaruh televisi ataupun gadget di kamar pula dapat menambah resikonya untuk mengalami kegemukan, loh. Bila televisi maupun gadget diletakkan di luar kamar, kemungkinan Anak untuk menyaksikan televisi ataupun bermain game sampai larut malam akan lebih kecil.

Tidak Boleh lalai pula untuk menentukan pemakaian gadget pada anak, maksimum 2 jam per hari.

Untuk mencegah obesitas pada anak, jatah dan juga waktu makan anak pun mesti diatur. Upayakan supaya Anak tidak makan dalam jatah besar sekaligus dan juga tidak makan menjelang saat tidur. Tak Hanya itu, biasakan Anak untuk makan di meja makan, janganlah sembari menyaksikan ataupun bermain gadget.

Apabila Anak menghadapi obesitas alias menyandang berat tubuh berlebih, Ibu dan juga Ayah dapat meminta nasihat dengan dokter anak. Dokter akan mengecek kesehatan Anak dan juga memberikan program pengurangan berat badan yang cocok serta terjamin. Apabila harus, Anak pula akan dirujuk ke dokter ahli gizi untuk pengaturan diet.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama