5 Cara Menghentikan Kebiasaan Olah Raga Yang Berlebihan

Selalu olahraga namun malah kamu merasa tidak sehat serta kerap kali sakit? Jangan-jangan kamu malah sangat berlebihan melaksanakannya. Olah Raga rutin memang penting untuk kesehatan fisik, tetapi apabila dijalani amat banyak, kondisi ini tidak bagus untuk kesehatan, lho.

Olah Raga teratur mampu memberikan banyak kebaikan untuk kesehatan, antara lain mengontrol berat tubuh, menambah energi dan juga kesehatan badan, juga menghindari penyakit, semacam penyakit jantung, stroke, darah tinggi, dan juga diabetes. Tak Hanya itu, olah raga pun mampu meredakan stres dan juga memulihkan mood.

Kendati sedemikian itu, harus diketahui pula apabila olahraga sangat sering ataupun amat keras malah bisa mengganggu kesehatan. Akibatnya bukannya meningkat membaik, namun justru jadi sakit.

Tanda Olah Raga Berlebihan

Sejauh ini memang belum terdapat tolok ukur yang jelas untuk mendeskripsikan seberapa sering ataupun seberapa berat kegiatan olah raga dibilang sebagai olah raga yang berlebihan. Akan Tetapi orang yang mempunyai rutinitas olahraga amat sering ataupun berlebihan kebanyakan akan menghadapi beberapa tanda-tanda berikut:

  • Jantung berdegub cepat walaupun tidak olahraga.
  • Sering merasa capek, sampai mengganggu pekerjaan dan juga kegiatan sehari-hari.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Suasana jiwa ataupun mood yang gampang berubah.
  • Sering mendapati cedera.
  • Gangguan menstruasi.
  • Sering merasa tidak enak badan.
  • Berat badan turun drastis.

Apakah kamu mendapati salah satu ataupun beberapa pertanda di atas? Sepertinya ini waktunya kamu menurunkan keseringan latihan fisik ataupun olahragamu untuk mencegah resiko penyakit.

Resiko Olah Raga Berlebihan

Sehabis olah raga, tubuh yang kecapekan memerlukan dipulihkan dengan jeda dan juga mengkonsumsi makanan bernutrisi. Jikalau tidak, tubuh lebih beresiko menghadapi beberapa gangguan kesehatan, yaitu:

  • Tubuh terasa nyeri ataupun pegal dampak peradangan di otot dan juga sendi, misalnya nyeri pundak, dengkul, dan juga lengan.
  • Radang tendon ataupun tendinitis.
  • Dehidrasi.
  • Gangguan elektrolit.
  • Gangguan tidur.
  • Berkurangnya nafsu makan.
  • Melemahnya daya tahan tubuh, maka kerap kali flu.
  • Gangguan jantung, kayak aritmia.

Tak Hanya mengakibatkan pengaruh jelek bagi kesehatan tubuh, amat sering olah raga pula dapat mengakibatkan seorang jadi suka akan olahraga. Kondisi ini bisa diamati dari sikap yang mulai menuntut untuk selalu olahraga walaupun keadaan tubuh lagi tidak sehat, merasa perlu olahraga tiap hari, ataupun merasa stres apabila tidak olahraga.

Cara Menghentikan Olah Raga Berlebihan

Apabila mengalami tanda-tanda tersebut, kamu telah olahraga secara berlebihan, ambillah masa istirahat sejenak supaya olah raga tidak membuat kesehatanmu terganggu. Beberapa hal di bawah ini dapat dijadikan pedoman:

1. Buat Waktu Istirahat

Beristirahat paling tidak 1-2 minggu mampu membuat tubuhmu jadi lebih sehat dan juga siap untuk balik olahraga.

2. Cukupi Makan dan Minum

Konsumsilah air mineral yang cukup dan juga makanan yang tinggi nutrisi, semacam buah-buahan, sayuran, dan juga protein tanpa lemak. Tidak Cuma itu, cegah mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, semacam makanan cepat saji.

3. Kurangi Waktu Olah Raga

Coba kurangi waktu olahraga kamu jadi 2-3 kali seminggu. Keadaan yang juga harus diketahui ialah mencegah olahraga ketika udara ataupun cuaca amat panas, untuk menghindari terjadinya dehidrasi dan juga heat stroke.

4. Berikan Jeda Waktu

Pastikan kamu memberikan jeda waktu sehabis olahraga. Berikan jarak durasi paling tidak 6 jam sebelum melaksanakan olah raga lagi. Apabila kamu olahraga tiap minggu, jadwalkan 1 hari untuk istirahat/jeda tanpa olah raga supaya fisik bisa balik membaik dan juga berenergi.

5. Ganti Model Olah Raga

Apabila kamu telah jenuh dengan model olah raga yang teratur kamu lakukan, cobalah lakukan olah raga lain, semacam yoga, untuk menyembuhkan keadaan jasmani, pikiran, dan juga kekuatan tubuh. Di samping itu, melaksanakan olah raga beregu ataupun bersama sahabat mampu jadi salah satu penyelesaian untuk lagi menikmati olah raga.

Nah, apabila kamu telah melaksanakan hal-hal di atas namun masih merasa tidak sehat, hendaknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Dokter mampu menjalankan kontrol dan juga memberikan penyelesaian apabila rutinitas olah raga yang amat sering telah mengganggu kesehatanmu.

Karena kurang olahraga tidak sehat dan juga olahraga amat sering pula tidak bagus, mari, tetapkan intensitas dan juga keseringan olah raga secukupnya, sesuai kondisimu!

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama