5 Khasiat Bengkoang bagi Anak-anak

Tidak sedikit orang menggemari bengkoang sebab rasanya manis dan juga renyah saat digigit. Tetapi, sayuran berwarna putih ini cukup sedikit dilirik oleh para bunda untuk diserahkan terhadap anak mereka. Sedangkan, bengkoang mempunyai segudang khasiat yang berperan untuk kesehatan anak, loh, Bun.

Bengkoang adalah salah satu kategori tumbuhan umbi yang hampir tidak pernah mangkir ke dalam menu rujak. Tak Hanya nikmat dikonsumsi langsung, bengkoang pula nikmat diolah sebagai salad, lumpia, tekwan, sampai choipan.

Sayuran yang bernama latin Pachyrhizus spp ini menyimpan berbagai macam nutrisi utama yang diperlukan oleh tubuh, mencakup serat, gula, karbohidrat, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, zinc, tembaga, vitamin C serta E, asam folat, mangan, natrium, juga kalium.

Beberapa Khasiat Bengkoang bagi Anak

Dengan muatan vitamin yang dipunyai oleh bengkoang, telah selayaknya Bunda menambahkan sayuran ini ke dalam menu harian Si Kecil. Berbagai Macam khasiat yang mampu didapat anak dari mengkonsumsi bengkoang yaitu:

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kadar serat yang tinggi dalam bengkoang berfungsi utama dalam menyehatkan saluran pencernaan anak. Serat dapat membuat feses bergerak lebih mulus, maka anak terlepas dari gangguan pencernaan, semacam sembelit.

Tak Hanya itu, bengkoang pula adalah pangkal prebiotik yang mampu menaikkan jumlah bakteri baik pada saluran cerna.

2. Menghindari Dehidrasi

Bengkoang termasuk sayuran yang berlimpah akan air. Terlebih, 85% dari isi bengkoang ialah air. Jadi, sayuran ini bisa Bunda manfaatkan untuk sebagai tambahan asupan air untuk Si Kecil, terpenting saat ia tengah banyak berkeringat. Ini bisa menghindari terjadinya dehidrasi pada anak.

3. Menambah Daya Tahan Tubuh

Ketika wabah COVID-19 semacam masa ini, mempunyai daya tahan tubuh yang tangguh adalah salah satu kunci supaya tidak gampang terjangkit virus Corona. Nah, untuk menambah daya tahan tubuh Si Kecil, Bunda disarankan untuk memberikannya buah ataupun sayur yang menyimpan vitamin C. Salah satunya ialah bengkoang.

Muatan vitamin C pada bengkoang dapat menguatkan sistem imun tubuh dalam melawan beragam virus dan juga bakteri pemicu penyakit. Tak Hanya itu, muatan antioksidan pada sayur ini juga berfungsi utama untuk menjaga sel-sel tubuh anak dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Menaikkan Fungsi Otak

Walau jumlahnya sedikit, vitamin B6 pada bengkoang diyakini mampu menaikkan kepintaran anak. Vitamin ini berfungsi utama dalam menaikkan peran otak dan juga mood. Untuk mengoptimalkan khasiat ini, Bunda dapat memberikan sumber vitamin B6 lainnya terhadap Si Kecil, seperti pisang dan juga salmon.

5. Menghindari Obesitas

Walau mempunyai rasa yang manis, bengkoang jauh lebih sehat daripada camilan ataupun minuman manis yang kerap kali disukai oleh anak-anak. Tak Hanya itu, sayur ini juga memuat inulin, yaitu salah satu tipe serat larut air yang sanggup mengatur gula darah dan juga membuat kenyang lebih lama.

Dengan khasiatnya ini, bengkoang selaras dijadikan camilan sehat dan juga enak untuk anak, tanpa menaikkan resiko terjadinya obesitas.

Itulah beberapa khasiat bengkoang untuk kesehatan anak. Sayur yang berbentuk umbi ini dapat dimakan secara langsung ataupun dijadikan jus bersama buah ataupun sayur lainnya. Yakinkan Bunda senantiasa menentukan bengkoang yang segar, dan mencucinya sampai bersih serta mengupasnya sebelum diserahkan terhadap Si Kecil, ya.

Walau sedikit, kemungkinan terjadinya alergi saat mengkonsumsi bengkoang selalu ada. Jadi, apabila Si Kecil menghadapi indikasi alergi sesudah makan bengkoang, semacam gatal-gatal, ruam, menceret, dan juga muntah, lekas bawa ia ke dokter untuk memperoleh penindakan yang tepat.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama