5 Khasiat Utama Sirup Maple Bagi Kesehatan

Sirup maple adalah pemanis alami yang umumnya dipakai sebagai siraman pancake. Khasiat sirup maple bagi kesehatan amat banyak, namun harap batasi pengkonsumsiannya karna didalam sirup ini terdapat kandungan gula yang sangat tinggi.

Sirup maple dibuat dari getah pohon maple yang direbus sampai mengental menjadi sirup. Sirup maple diklaim lebih sehat dan juga bergizi daripada gula karna menyimpan nutrisi penting, seperti kalsium, kalium, mangan, zinc, serta zat besi.

Khasiat Sirup Maple

Khasiat sirup maple untuk kesehatan bisa didapat berkat muatan nutrisi di dalamnya. Berikut ini merupakan sebagian khasiat sirup maple untuk kesehatan:

1. Menangkal Radikal Bebas

Penelitian membuktikan kalau sirup maple menyimpan 24 jenis zat antioksidan. Antioksidan adalah senyawa penting yang berguna dalam melawan radikal bebas dan juga mengurangi kerusakan oksidatif yang membawa dampak terjadinya berbagai macam penyakit.

2. Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat sirup maple berikutnya yaitu menaikkan daya tahan tubuh. Khasiat ini bisa didapat lantaran sirup maple mempunyai kemampuan untuk melawan bakteri berbahaya lebih-lebih dalam jumlah yang banyak.

Tak hanya itu, sirup maple memuat zinc yang diketahui berfungsi cukup penting dalam sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zinc dihubungkan dengan resiko peradangan, alergi, dan juga penyusutan jumlah sel imun.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Penggunaan sirup maple walau sedikit, dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan otak. Pendapat ini bersumber dari penemuan senyawa antioksidan dalam sirup maple yang dapat menghindari penggumpalan protein tertentu di otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Tak hanya itu, kandungan mangan didalam sirup maple juga tinggi. Khasiat mangan untuk kesehatan ada berbagai macam. Salah satunya ialah menunjang sistem saraf dan juga menjaga fungsi otak yang sehat.

4. Merendahkan Kadar Kolesterol

Dalam riset yang dilakukan pada hewan, sirup maple benar-benar ampuh merendahkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak cuma itu, sirup maple berpotensi menghindari peradangan hati. Tetapi, pastinya masih dibutuhkan riset serta uji coba klinis lebih lanjut perihal khasiat sirup maple yang satu ini.

5. Menunjang Kesehatan Tulang

Muatan mangan dalam sirup maple mampu menunjang pertumbuhan serta perawatan tulang yang sehat. Tak hanya itu, mineral ini berfungsi dalam meredakan peradangan, mengontrol kadar gula darah, serta mengendalikan metabolisme nutrisi.

Meskipun khasiat sirup maple bermacam-macam, tapi harus diketahui bahwa sirup ini menyimpan amat banyak kandungan gula, maka penggunaanya perlu dibatasi. Bila tidak, Kamu akan beresiko menghadapi permasalahan kesehatan, seperti gigi berlubang, kegemukan, dan juga diabetes.

Apabila Kamu hendak memasukkan sirup maple sebagai pemanis di dalam makanan ataupun minuman, pilihlah sirup maple asli yang tidak diberi tambahan gula. Untuk mengetahui batasan konsumsi sirup maple, Kamu dapat menanyakannya pada dokter, sebab tiap orang mempunyai batasan penggunaan yang berbeda-beda.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama