5 Metode Perawatan Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

Malas memelihara kesehatan gigi dan juga melaksanakan perawatan gigi, dapat mengakibatkan gigi berlubang. Bila telah seperti ini, lama kelamaan dapat terjadi sakit gigi, serta makan juga terasa tidak enak.

Gigi adalah salah satu bagian utama pada tubuh manusia yang berperan untuk memotong dan juga menghancurkan makanan, akibatnya gampang ditelan dengan baik.

Gigi yang berlubang dapat mengusik kenikmatan pada ketika makan. Oleh karenanya, Kamu harus melaksanakan beberapa metode perawatan gigi rutin untuk mencegah gigi berlubang.

Metode Perawatan Gigi

Berikut ini ialah lima metode sederhana perawatan gigi yang dapat Kamu lakukan untuk melindungi kesehatan gigi agar terlepas dari gigi berlubang:

1. Menggosok Sehabis Makan

Mungkin Kamu kerap kali mendengar kalau menggosok gigi seharusnya dijalani dua kali perhari, yakni ketika bangun tidur dan juga sebelum tidur.

Namun sebetulnya, untuk menghindari gigi berlubang, dianjurkan menggosok gigi paling tidak tiap kali selesai makan, dan juga tidak boleh lupa untuk membersihkan gigi dengan benang gigi.

Akan tetapi, jika Kamu tidak mampu menggosok gigi tiap seusai makan, paling tidak berkumurlah dengan air untuk meniadakan sisa makanan di mulut.

2. Membersihkan Gigi dengan Berkumur

Selain menggosok gigi, berkumurlah memakai larutan pembersih mulut. Berkumur cukup efektif untuk meniadakan plak dan juga kuman dari dalam mulut. Berkumur tidak kalah utamanya dengan menggosok gigi.

Plak mendatangkan asam pemicu gigi berlubang, yang bila diabaikan bisa pula mengganggu gusi. Alhasil, tidak cuma gigi yang bermasalah, namun juga gusi Kamu. Dengan berkumur, bagian mulut yang tidak teraih oleh sikat gigi bisa dibersihkan.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Memuat Fluoride

Gigi Kamu membutuhkan perlindungan di bagian enamel gigi. Enamel sendiri adalah susunan terluar gigi. Fluoride mampu merberikan perlindungan gigi dari senyawa asam yang akan memicu gigi berlubang. Fluoride pula dapat membantu memulihkan lapisan enamel akibatnya memperkokoh perlindungan gigi.

Namun untuk anak-anak, dianjurkan meminta nasihat terlebih dulu ke dokter gigi, untuk memahami batasan aman pemakaian pasta gigi yang memuat fluoride pada anak. Sebab bila berlebihan, fluoride pun tidak baik untuk kesehatan gigi anak Kamu.

4. Hindari Makanan Pemicu Gigi Berlubang

Melaksanakan beberapa metode perawatan gigi di atas tidak cukup bila Kamu tidak menjauhi makanan pemicu gigi berlubang. Misalnya makanan manis dan juga makanan yang bisa melekat di antara gigi Kamu (misalnya permen, kue, coklat, dan juga keripik).

Pada saat mengkonsumsi makanan/minuman manis, kuman yang berada didalam mulut akan memproduksi asam yang akan mengakibatkan kerusakan pada lapisan amanel gigi (sususan terluar gigi).

Selain menjauhi makanan yang akan menyebabkan gigi berlubang, konsumsilah makanan yang baik bagi kesehatan gigi, semacam buah-buahan, sayur, serta air putih. Kamu pun dapat mengubah permen kegemaran Kamu dengan permen karet yang bisa menolong membersihkan sisa zat makanan dari dalam mulut.

5. Periksaan Rutin dengan Dokter Gigi

Menjalankan pemeriksaan gigi rutin dapat menjadi salah satu metode untuk menjauhi gigi berlubang dan juga adalah metode perawatan gigi yang bagus. Dengan pengecekan gigi teratur, gangguan pada gigi mampu terdeteksi lebih dahulu maka lebih gampang ditangani.

Jika dalam pemeriksaan gigi terdeteksi terdapat gigi yang mudah berlubang, maka dokter akan memberikan perlindungan lebih pada gigi dengan menggunakan sealant. Sealant merupakan jaket pelindung gigi yang berperan mencegah enamel gigi dari zat asam dan juga plak yang bisa mendatangkan kerusakan gigi.

Melaksanakan perawatan gigi tidak mesti menunggu sampai gigi menghadapi kerusakan, busuk ataupun sampai mengusik kenikmatan ketika makan. Mulailah melindungi kesehatan gigi dan juga mulut Kamu dengan cara rutin melaksanakan metode perawatan gigi yang telah kami jelaskan di atas.

Selain itu, jauhi makanan yang bisa merusak gigi, sebab tidak cuma mampu mengganggu kesehatan gigi Kamu, namun juga dapat mengganggu kesehatan fisik Kamu.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama