Berbagai Macam Khasiat Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah kelapa menyimpan banyak nutrisi utama yang berkhasiat untuk tubuh, semacam vitamin C, serat, protein, kalium, serta magnesium. Ditambah lagi, buah kelapa pun sedikit karbohidrat dan juga kalori.

Bukan rahasia jika kelapa adalah tumbuhan yang hampir semua bagiannya bisa digunakan. Khususnya daging buah kelapa yang menyimpan beragam muatan nutrisi, mengakibatkannya tidak cuma bagus buat kesehatan, namun pula buat kecantikan.

Khasiat Buah Kelapa untuk Kesehatan

Nutrisi yang terdapat di dalam buah kelapa dapat diperoleh dari segala bagiannya, seperti daging buah serta air kelapa, terlebih sehabis diolah sebagai santan dan juga minyak kelapa.

Air kelapa dapat menyehatkan tenggorokan ketika diminum, juga dapat menghindari dehidrasi dengan mengembalikan cairan tubuh sehabis mengerjakan kegiatan berat, seperti olahraga ataupun akibat diare.

Untuk lebih jelasnya, berikut sebagian khasiat air kelapa yang bisa Kamu manfaatkan:

Melawan Radikal Bebas

Air kelapa bersifat antioksidan, akibatnya sanggup menanggulangi radikal bebas yang dapat mengganggu sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Menangani Beberapa Penyakit

Air kelapa pun dapat dipakai untuk menangani beberapa penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan gangguan pada ginjal.

Menurunkan Resiko Gangguan Jantung

Air kelapa dipercayai mampu menurunkan kolesterol dan juga trigliserida, maka dapat menolong menurunkan resiko gangguan jantung.

Bukan cuma air kelapanya saja, daging buah kelapa juga dapat diolah sebagai santan yang merupakan salah satu bahan penting dalam campuran pembuatan makanan. Santan akan menambah cita rasa makanan, sekaligus mempunyai beberapa khasiat, yaitu:

  • Meredakan Peradangan ataupun Pembengkakan.
  • Mengurangi Luka pada Permukaan Lambung.
  • Melawan Bakteri dan Virus.

Meski begitu, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menunjukkan efektivitas santan kelapa dalam menangani berbagai macam permasalahan tersebut.

Khasiat Buah Kelapa untuk Kecantikan

Muatan nutrisi yang dipunyai kelapa bisa digunakan untuk kecantikan. Misalnya minyak kelapa yang banyak dipakai sebagai bahan natural beberapa produk kecantikan.

Menurut riset, muatan alami yang ada di minyak kelapa mampu membantu memelihara kesehatan rambut, melembapkan kulit yang kering, membersihkan jamur di seputar tumit, dan menghindari penyakit kulit.

Produk kecantikan berbahan dasar minyak kelapa dapat dijual dalam wujud padat semacam krim ataupun wujud cair, semacam losion. Sebelum membeli produk kosmetik untuk kulit berbahan dasar minyak kelapa, Kamu disarankan untuk menentukan produk yang memuat 100% minyak kelapa.

Selain memanfaatkan produk berbahan minyak kelapa, Kamu pun bisa mengambil khasiat minyak kelapa alami untuk kecantikan:

Minyak Kelapa untuk Rambut

Kamu dapat memanfaatkan minyak kelapa dengan cara mengoleskan ke rambut yang kering. Diamkan sepanjang 20 - 30 menit, kemudian bersihkan dengan air yang mengalir. Kamu pun dapat memanfaatkannya sebagai pelembut rambut, maka rambut tampak senantiasa rapi dan juga wangi.

Minyak Kelapa untuk Kulit

Minyak kelapa mempunyai pengaruh antijamur dan juga mampu melembapkan kulit kering. Kamu cukup mengoleskannya ke kulit yang kering supaya kulit terasa halus dan juga menghindari jamur di telapak kaki. Kamu pula dapat memakainya di bibir untuk menangani bibir yang kering dan juga pecah-pecah.

Berbagai Macam khasiat buah kelapa untuk kesehatan dan juga kecantikan, beberapa masih memerlukan riset lebih lanjut. Hendaknya cegah makan buah kelapa berlebihan untuk menghindari efek samping, dan hentikan penggunaan produk kelapa apabila mengakibatkan reaksi alergi. Diskusi ke dokter untuk rekomendasi pakai dan juga pemanfaatan yang akuratnya.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama