Cara agar Kucing Cepat Gemuk dan Berbulu Halus

Cara agar kucing cepat gemuk dan berbulu halus ada banyak cara, dan kali ini kami akan memberi tahu caranya kepada kalian. Namun, kalian juga harus mengetahui walaupun akan menyenangkan memiliki kucing yang gendut dengan bulu yang lembut, tetapi hal itu tidak selamanya baik untuk kucing kalian.

Kenaikan berat badan yang berlebihan pada kucing juga bisa menimbulkan banyak penyakit, seperti hipertiroidisme dan diabetes. Untuk itu cara agar kucing cepat gendut dan memiliki bulu yang halus ini hanya ditujukan bagi kucing kurus yang harus menambah berat badan. Sebaliknya, kucing sehat tidak boleh didorong oleh pemiliknya untuk menjadi gemuk.

Cara Mengetahui Kapan Kucing Harus Menambah Berat Badan

Boleh saja kalian berharap memiliki kucing yang bertubuh gemuk dengan bulu yang halus. Tetapi dengan syarat, yaitu: Kucing kalian saat ini sedang mengalami kekurangan berat badan, dan pastikan juga nantinya si kucing mampu menahan berat badannya yang ekstra. Karena membuat kucing gemuk bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan pada kucing normal yang sehat.

Kucing mempunyai beragam bentuk dan ukuran. Namun, berat badan idealnya tidak cukup ditentukan oleh rasnya saja, sebab sebagian besar bergantung kepada gaya hidup dan juga diet kucing kalian.

Berat rata-rata untuk kucing normal dewasa harus kira-kira 10 pon atau antara 3,5 sampai 4,5 kg. Namun boleh jadi berbeda tergantung pada jenisnya, seperti Maine Coons yang bisa mencapai berat hingga 25 pon dan masih dianggap normal. Berikut ini adalah ciri bahwa kucing kalian harus menambah berat badan:

  • Tulang rusuk serta pinggul kucing menonjol dengan cara yang tidak wajar.
  • Kucing terus-menerus mengeong untuk diberi makan.
  • Si kucing lesu / tidak aktif (karena kekurangan energi).
  • Bulu kucing tidak terawat (kasar ataupun kusam).

Jika kucing kalian mengalami hal yang telah disebutkan diatas, berarti itulah saatnya untuk menaikkan berat badan si kucing. Ingat, sebaiknya kalian tidak membuat kucing normal yang aktif menjadi gemuk. Memiliki kucing berbulu lembut dan gemuk memang terlihat lucu, namun hal itu juga bisa membahayakan nyawanya.

Cara agar Kucing Cepat Gemuk dan Berbulu Halus

1. Buat Aturan Pola Makan yang Sehat

Apabila kucing kalian mengalami kekurangan berat badan dan juga tidak memiliki bulu yang halus, kemungkinan dengan menaikkan berat badannya beberapa kilogram melalui diet makanan sehat akan mengembalikan kesehatan dan juga kilau bulunya secara keseluruhan.

Kalian boleh jadi kaget melihat kesehatan kucing kalian yang meningkat secara keseluruhan (bulu, kuku, gigi, dan lainnya) melalui diet yang sehat. Karena kesehatan kucing dimulai dari nutrisinya, maka janganlah memberinya makanan murah demi menghemat uang.

Jika kalian memberinya makanan yang murah, biasanya makanan tersebut tidaklah memiliki kecukupan gizi. Hingga akibatnya kemungkinan besar kalian akan lebih sering mengunjungi dokter hewan karena si kucing yang sering sakit-sakitan, maka dari pada itu pastikan berikan makanan dengan gizi yang cukup untuk si kucing.

2. Suplemen dengan Minyak Ikan

Minyak ikan sangat baik untuk kucing karena memberikan asupan lemak sehat dan juga omega tiga. Minyak ikan juga berperan dalam menambah nafsu makan dan menumbuhkan bulu halus. Minyak ikan juga tidak terlalu mahal, jadi ini merupakan cara yang sehat dan efektif untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan juga bulu kucing kalian secara keseluruhan.

3. Sikat Bulu Kucing dengan Rutin

Menyikat bulu kucing bisa membantu menghilangkan bulu mati, kusut, dan juga meregenerasi rambut baru yang amat halus ketika disentuh. Sebagian besar kucing secara rutin harus disikat, sementara itu sebagian lagi tidak, namun akan lebih baik untuk selalu menyikat bulu kucing kalian. Ini juga merupakan metode yang baik untuk menjalin ikatan dan menghabiskan waktu bersma kucing berbulu kalian!

4. Ajarkan Gaya Hidup Aktif

Kucing akan menjadi lebih sehat dengan gaya hidup aktif. Selain itu, kucing malas yang tidak suka bermain dengan pemiliknya sering kali mengalami kejenuhan, penurunan berat badan, bahkan juga depresi. Sebaliknya, kucing yang aktif akan membakar lebih banyak energi, dan akibatnya menambah napsu makan si kucing.

Kalian bisa mengajarkan gaya hidup aktif pada kucing dengan mengajaknya bermain ataupun memanjat pohon, hal ini akan menaikkan kualitas hidup kucing dan juga membantu mempertahankan berat badan yang sehat bagi si kucing.

5. Pengecekan Rutin dengan Dokter Hewan

Akan lebih baik jika kalian selalu meminta dokter hewan untuk mengontrol kesehatan kucing paling tidak satu tahun sekali (setelah mereka mencapai usia dewasa). Tapi boleh jadi kucing kalian membutuhkan pengecekan yang lebih teratur daripada itu, namun sebelum itu pastikan untuk memilih dengan dokter hewan mana kalian akan mengonsultasikan kesehatan si kucing.

Memeriksakan kucing ke dokter hewan secara rutin juga akan membantu kalian mengetahui indikasi awal penyakit, seperti diabetes, hipertiroidisme, malnutrisi, dan lain-lain. Dokter hewan pun mampu menerangkan kepada kalian berat badan yang ideal bagi si kucing.

Hindari Berat Badan Berlebih Pada Kucing

Sesuai dengan yang telah kami sebutkan di atas, kucing tidak boleh memiliki berat badan yang berlebih. Jika kalian memberikannya makanan berlebihan tiap hari, hal itu bisa mengakibatkan kucing terkena penyakit serius, seperti mudah terserang diabetes, dan penyakit lainnya. Boleh saja kalian memiliki kucing yang gemuk namun pastikan juga akan kesehatan mereka.

Seperti itulah, dan kami berharap semoga kalian mampu melakukan hal-hal yang telah kami sebutkan diatas agar kucing cepat gemuk dan berbulu halus.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama