5 Khasiat Echinacea bagi Kesehatan

Khasiat echinacea bagi kesehatan memang telah lama diketahui dalam penyembuhan tradisional. Echinacea umumnya digunakan dalam bentuk teh. Akan Tetapi, ramuan bunga ini kini dapat pula dijumpai dalam bentuk suplemen dan juga ekstrak cair.

Echinacea atau yang dikenal juga dengan nama lain coneflower ialah salah satu tumbuhan bunga dari keluarga daisy yang biasa tumbuh subur di negara Amerika dan juga Kanada.

Dari beragam varietas jenis echinacea, ada 2 jenis echinacea yang kerap dipakai untuk pengobatan, yaitu Echinacea purpurea dan juga Echinacea angustifolia. Kedua kategori echinacea ini mengandung senyawa bioaktif yang berlimpah dan bersifat sebagai antioksidan juga antiinflamasi.

Ragam Khasiat Echinacea bagi Kesehatan

Berkah muatan itu, terdapat berbagai macam khasiat echinacea yang dapat kita peroleh, di antaranya:

1. Menangkal Radikal Bebas

Echinacea mempunyai keaktifan antioksidan yang amat tangguh berkah muatan beraneka ragam senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan ini amat dibutuhkan tubuh untuk menangkal peradangan dan juga pengaruh radikal bebas yang beresiko mengganggu sel-sel tubuh serta menyebabkan terjadinya beragam permasalahan kesehatan, mulai dari sariawan sampai kanker.

2. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Echinacea telah lama diketahui sebagai tumbuhan yang sanggup mencegah dan mempercepat pemulihan pilek dan juga flu. Perihal ini disebabkan echinacea dapat menguatkan daya tahan tubuh, akibatnya tubuh sanggup melawan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus, semacam pilek dan juga flu.

3. Menangani Permasalahan Kulit

Meski belum dibuktikan pada kulit manusia, para pakar mendeteksi kalau echinacea mempunyai sifat antiinflamasi dan juga antibakteri yang bagus dalam menekan perkembangan Propionibacterium acnes, yakni bakteri penyebab jerawat.

Tak cuma itu, produk krim pemeliharaan kulit yang memuat echinacea pun diketahui mampu menambah kelembapan kulit, mengecilkan kerutan, dan menangani pertanda eksim.

4. Meredakan Kecemasan

Sejumlah riset membuktikan kalau echinacea pula berpotensi dalam meredakan kecemasan. Keadaan ini dapat terjadi sebab tumbuhan echinacea, terutama jenis Echinacea angustifolia, memuat beraneka ragam senyawa yang dianggap mampu meredakan perasaan cemas, seperti alkamida, asam rosmarinat, dan juga asam kafeat.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Dalam suatu penelitian, ekstrak Echinacea purpurea benar mampu menekan enzim yang mencerna karbohidrat jadi gula. Dengan keterampilan ini, echinacea dianggap mampu menyusutkan penyerapan gula di usus, maka gula darah juga berkurang.

Tak cukup capai di situ, dalam investigasi lainnya didapati kalau ekstrak echinacea pula mampu menaikkan fungsi insulin pada sel-sel tubuh, alhasil gula yang terdapat di dalam darah mampu terkontrol dengan optimal.

Tak Hanya yang sudah dituturkan di atas, masih terdapat sebagian khasiat echinacea untuk kesehatan, mulai dari menyembuhkan infeksi telinga (otitis media), radang amandel (tonsilitis), peradangan lapisan tengah mata (uveitis), sampai menolong menghindari penyebaran sel kanker.

Meski begitu, sebagian dari khasiat itu masih harus dibuktikan dengan studi dan juga uji coba klinis yang terpercaya. Tak Hanya itu, sebagian orang boleh jadi dapat menjumpai efek samping echinacea, mulai dari panas, mual, menceret, sakit perut, pusing, sakit kepala, sampai ruam dan juga gatal-gatal pada kulit.

Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter apabila Kamu hendak memanfaatkan echinacea sebagai obat. Situasi ini amat penting untuk memahami efektivitas dan juga keamanan echinacea pada situasi yang Kamu alami.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama