5 Macam Nutrisi Makanan yang Dibutuhkan Selama Hamil

Pada tahap awal kehamilan, sangat penting bahwa para ibu harus mencukupi kebutuhan nutrisi mereka, salah satunya melalui makanan. Bahkan, wanita hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan super. Bukan tanpa alasan, melainkan karena makanan ini dapat menjaga kesehatan wanita hamil dan membantu perkembangan janin.

Tidak dapat dipungkiri, tahap pertama kehamilan adalah yang paling penting dan. Pada beberapa wanita hamil, kehamilan dapat dengan keguguran setidaknya untuk tiga bulan pertama. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda selama kehamilan.

Nutrisi yang Diperlukan Selama Kehamilan

Selama kehamilan, terutama selama tahap pertama kehamilan, terdapat beberapa jenis asupan nutrisi yang amat penting bagi Ibu. Karena nutrisi ini tidak hanya dapat memperkuat rahim, tetapi juga membantu perkembangan janin. Ada beberapa nutrisi penting dalam makanan yang dibutuhkan untuk wanita yang sedang mengandung, diantaranya:

1. Asam Folat

Salah nutrisi yang diperlukan oleh wanita hamil adalah asam folat. Kandungan yang terdapat pada asam folat dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf (seperti spina bifida), mencegah kelahiran prematur dan mengurangi risiko keguguran. Terdapat beberapa macam makanan yang dapat dikonsumsi secara teratur untuk memenuhi kebutuhan asam folat, diantaranya adalah bayam, asparagus, kacang merah, brokoli, wortel, kacang polong, dan jagung. Ibu juga dapat memenuhi kebutuhan akan asam folat dengan mengkonsumsi suplemen khusus.

2. Kalsium

Wanita hamil juga membutuhkan makanan kaya kalsium. Nutrisi ini diperlukan untuk mendukung pengembangan gigi dan tulang bayi. Ibu dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi produk susu atau hasil olahan susu (seperti keju dan yogurt). Bayam dan salmon juga dapat menjadi alternatif sumber kalsium bagi wanita hamil.

3. Zat Besi

Kelelahan adalah gejala umum selama kehamilan. Tetapi hati-hati, itu juga dapat menunjukkan bahwa calon ibu sedang mengalami anemia. Ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan zat besi, yang akhirnya mengurangi kadar hemoglobin dalam darah. Untuk mencegah anemia diawal kehamilan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan seperti daging, kacang-kacangan dan bayam.

4. Serat

Wanita hamil juga membutuhkan serat pada tahap awal kehamilan. Asupan gizi dapat membantu mengurangi risiko konstipasi (kesulitan dalam buang air besar) pada wanita hamil. Serat juga dapat membantu mengurangi resiko wasir selama kehamilan. Ibu dapat mencukupi kebutuhan serat dengan makan makanan seperti buah segar, sayuran, nasi merah dan kacang-kacangan.

5. Protein

Protein yanga terkandung didalam makanan juga penting dan harus dipenuhi sebagai kebutuhan selama menjalani kehamilan. Protein memainkan peran penting dalam pertumbuhan bayi didalam rahim. Untuk kehamilan yang sehat, coba makan dua hingga tiga porsi makanan yang kaya protein seperti daging tanpa lemak, telur, unggas atau ikan setiap harinya.

Itulah beberapa kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi selama hamil. Ingat kebutuhan nutrisi ini sangat penting diawal kehamilan (3 bulan pertama), karena bisa mengurangi terjadinya resiko keguguran. Selain itu, Ibu juga disarankan untuk selalu berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan kesehatan Ibu dan bayi yang dikandungnya.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama