7 Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing bagi Kesehatan

Kumis kucing merupakan salah satu tumbuhan obat yang telah lama dipakai di Indonesia. Khasiat kumis kucing yang paling umum ialah untuk menyembuhkan asam urat. Di samping itu, masih terdapat khasiat lainnya yang harus Kamu ketahui.

Tak Hanya sebagai tumbuhan hias, kumis kucing (Orthosiphon stamineus) juga ternama sebagai tumbuhan obat. Sebagian besar khasiat kumis kucing bersumber dari muatan senyawa bioaktif di dalam daunnya.

Berbagai Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing

Kumis kucing mempunyai khasiat antiradang dan juga antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini berkat beragam muatan senyawa alami dalam kumis kucing, yang mencakup flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan juga steroid.

Berkat muatan itu, khasiat kumis kucing untuk kesehatan amatlah banyak. Berikut ini sebagian di antaranya:

1. Menyembuhkan Asam Urat

Khasiat kumis kucing menyembuhkan asam urat secara alami dianggap bersumber dari muatan flavonoid, fenolik, dan juga asam kafeat yang tinggi di dalamnya. Senyawa aktif itu diketahui mempunyai sifat antiradang yang mampu menghambat pembentukan asam urat, alhasil mampu menghindari dan juga menurunkan resiko serangan asam urat.

Tak Hanya itu, kumis kucing pula diketahui mampu meningkatkan fungsi ginjal yang berkurang dan juga memulihkan kerusakan ginjal, terutama yang disebabkan oleh kondisi asam urat tinggi.

2. Meredakan Tekanan Darah

Kumis kucing pula berkhasiat untuk meredakan tekanan darah. Muatan sinensetin di dalamnya bertindak utama sebagai antioksidan dan juga mempunyai keaktifan diuretik yang solid. Khasiat ini akan menolong tubuh meredakan kadar natrium berlebih melewati urin.

Dengan melonjaknya pengeluaran cairan dan juga natrium dari tubuh, tekanan dalam pembuluh darah pun mampu menurun. Oleh sebab itu, kumis kucing bisa digunakan sebagai obat alami untuk pengidap darah tinggi.

3. Mengobati Rematik

Kumis kucing pun diyakini mampu berguna sebagai obat rematik alami, terutama pada pengidap rheumatoid arthritis (RA). Umumnya penyakit rematik, termasuk RA, diakibatkan oleh reaksi autoimun. Sebagian lain tidak diakibatkan oleh autoimun, tetapi sama-sama dilandasi oleh proses peradangan.

Muatan senyawa fenolik dan juga flavonoid yang tinggi pada kumis kucing diketahui sanggup merendahkan reaksi autoimun pada RA. Tak Hanya itu, senyawa-senyawa ini pun diketahui mampu memelihara tulang rawan dan juga jaringan lunak dari peradangan serius serta parah berkat efek antiradangnya.

4. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Kumis kucing adalah salah satu tumbuhan yang mempunyai khasiat antidiabetes lantaran kemampuannya dalam mengendalikan metabolisme karbohidrat dan juga gula, lemak dan juga gula, serta asam amino dan juga gula agar lebih seimbang.

Khasiat ini mampu mengendalikan kadar gula darah senantiasa normal. Dengan sedemikian itu, kumis kucing mampu dijadikan alternatif obat alami untuk menghindari dan juga menyembuhkan penyakit diabetes.

5. Menghindari Penyakit Jantung

Tak Hanya menolong merendahkan gula darah, pemberian ekstrak kumis kucing pun diketahui mampu menambah kadar kolesterol baik (HDL) dan juga merendahkan trigliserida (lemak darah).

Gabungan efek antidiabetik, penaikan kadar HDL, dan juga pengurangan kadar lemak darah ini sungguh bagus untuk menghindari penyakit jantung, misalnya penyakit jantung koroner ataupun serangan jantung.

6. Menanggulangi Permasalahan Haid

Perempuan yang kerap kali menghadapi permasalahan haid pun mampu memperoleh khasiat dari kumis kucing. Teratur konsumsi ekstrak kumis kucing diketahui mampu merendahkan kadar prostaglandin alhasil dapat meredakan nyeri haid dan juga pendarahan berlebih ketika datang bulan (menorrhagia).

Meski beberapa khasiat kumis kucing masih memerlukan studi lebih lanjut, tidak ada salahnya Kamu menyertakan tumbuhan ini sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kesehatan Kamu.

Jika Kamu mau menggunakan kumis kucing yang telah dikemas dalam bentuk suplemen herbal, pilihlah produk yang sudah terjamin keamanannya.

Bila perlu, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya, terutama untuk Kamu yang hendak menggunakan kumis kucing sebagai pengobatan tambahan pada penyakit yang tengah Kamu alami saat ini.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama